Spa dan Perawatan Wanita di Laseca Spa dan Flaurent Salon Yogyakarta

Semenjak pindah ke Jogja, aku penasaran untuk mengincipi gimana rasanya spa di kota ini. Well, spa paradise could be in Bali but the fact is I never had a spa treatment in Bali, hehe. Apa yang bikin penasaran adalah karena di sini banyak sekali spa-spa yang menawarkan paket perawatan dengan harga yang terjangkau. Dari banyak macam spa yang menawarkan perawatan dengan harga terjangkau dan pasang baliho besar-besar di pinggir jalan, saya penasaran (dan akhirnya berlanggangan) untuk mencoba di dua salon spa ini: Flaurent Salon|Spa dan Laseca Spa. Nah setelah beberapa kali mencoba berbagai perawatan di kedua salon ini, apa saja perbedaan atau perbandingan perawatan di Laurent dan Laseca? Ini hasil pengalaman saya:

Latar Belakang
Flaurent Salon
Kayaknya ini salon/spa yang cabangnya paling banyak di Yogyakarta, jadi gampang banget ditemukan. Cabang terakhir yang dibuka deket banget sama kantor aku, jadi ya salon ini paling banyak aku datangi akhir-akhir ini. Flaurent ini juga menawarkan salon, jadi pilihan perawatannya lebih banyak termasuk potong rambut, coloring, dan perawatan lainnya. Flaurent ini khusus wanita dan kalo punya membership bakalan diskon 10% untuk berbagai perawatannya (yang bukan paket hemat).
Laseca Spa
Laseca ini cabangnya ada 2 dan lebih fokus ke perawatan tubuh (spa), jadi nggak menawarkan perawatan rambut ala salon. Laseca juga salon khusus wanita (nggak boleh ada cowok masuk) dan membershipnya bisa kasi diskon 10% untuk semua perawatan.


Disclaimer
Saya sama-sama ambil paket perawatan paling murah dan yang level tengah-tengah. Sama-sama ngambil beberapa kali perawatan di masing-masing tempat. Sama-sama membership di kedua tempat. Sama-sama nggak punya foto di kedua tempat karena hey, nggak sempet pegang hape pas lagi perawatan.


Preparing
Flaurent
Masuk, daftar, tunggu dipanggilkan terapis pribadi kita, lalu kita akan diantar ke ruang perawatan. Di sana ada beberapa bilik dengan kasur (matras? meja?). Di Flaurent kita akan diminta buka baju dan diberi kain selimut motif batik. Terapis bakalan minta kita berbaring terbalik sambil selimutan. Ohya, di Flaurent kita akan ditawarin disposable panty kalo misalnya nggak bawa celana dalam ganti, harganya 1000 rupiah. Tersedia sandal dari salon yang bisa dipakai untuk perawatan, tapi seinget aku nggak pernah disuruh untuk pakai. Boleh pakai boleh cekeran.
Laseca
Sama kok: Masuk, daftar, tunggu dipanggilkan terapis pribadi kita, lalu kita akan diantar ke ruang perawatan. Di ruangan pijat juga tersedia beberapa bilik beserta tempat tidur pijatnya. Kita akan disediakan kemben batik yang harus dikenakan sepanjang perawatan termasuk disposal panty gratis. Kalo di Laseca, kita juga akan disuruh pakai sandal selama perawatan. Sepatu/sandal kita disimpan di loker.

Massage
Flaurent
Pijatnya di Flaurent ini 45 menit, tekanan bisa disesuaikan sesuai selera. Tapi menurutku pijatan di sini lebih mantab meskipun cuman 45 menit. Khasnya Flaurent adalah terapisnya akan menanyakan ke kita mau dipijat pantat dan payudaranya apa enggak, opsional. Bisa dibilang pijat di Flaurent ini lebih terekspos karena bisa dipijat di daerah-daerah sensitif (kalo mau) dan karena penutupnya cuman selembar kain. Salah satu yang aku suka di Flaurent ini adalah kasurnya juga. Lubang buat muka itu bentuknya oval, pas buat muka. Simple sih, tapi lumayan penting juga.
Laseca
Massage di Laseca lebih lama durasinya, 60 menit. Kita nggak akan ditawarin untuk pijat pantat dan payudara. Karena pake kemben, proses pijat jadi terasa lebih tertutup dan somehow nyaman. Untuk tekanan bisa minta disesuaikan dengan preferensi masing-masing. Untuk kasurnya sendiri lubangnya bulet, jadi kurang nyaman ketika kita dipijat posisi telungkup.

Body Spa
Flaurent
Setelah dipijat biasanya discrub dan dilulur, ini yang namanya body spa (sepertinya). Scrubbing di Flaurent ini sekenanya saja sih kalo kubilang, badan diolesi scrub dengan aroma pilihan kita trus digosok. Setelah selesai discrubbing, dilap, lalu dioles lulur halus. Kita akan disuruh tunggu sampai kering sebelum dibilas.
Laseca
Body spa di Laseca ini lebih spesial menurutku, karena scrubbingnya maksimal. Sebenernya salah satu alasan aku kenapa perawatan di salon/spa adalah supaya punggungku bisa discrub, hehehe. Hasil scrubbing di Laseca ini banyaak banget (kalo aku) dah gitu keliatan dari warnanya, semacam semua kulit mati rontok sudah. Pilihan aroma juga lebih variatif di Laseca sih, mungkin karena emang Laseca ini spesialisasi spa ya.. Lulurnya sih standar, dioles sampe kering. Poin lebih dari luluran di Laseca adalah nggak kedinginan karena kita kembenan + dikasi selimut, nggak cuman selimut aja.

Sauna
Flaurent
Sauna atau mandi uap. Sauna di Flaurent itu pake personal sauna portable yang pake uap. Jadi kita duduk di tempat sauna selama 15 menit.
Laseca
Sauna di Laseca itu bentuknya semacam ruang uap/sauna. Biasanya sebelum memulai massage dan body spa, kita mandi uap dulu untuk membuka pori-pori dan ngelemesin otot. Karena bentuknya ruangan, jadi kita bisa bareng-bareng di dalam satu ruangan sambil ngobrol. Lamanya sama-sama 15 menit. Aku sendiri prefer ke sauna room daripada yang portable karena bisa lebih bebas geraknya, bisa sambil kipas-kipas atau ngelap kringet. Kalo di portable nggak bisa soalnya, harus duduk diam saja, hehehe..

Bath Time
Flaurent
Bilas-bilas di bathup lalu bilasan di shower selama 15 menit. Nggak terlalu spesial sih di sini. Kamar mandinya menurutku kurang pribadi karena kadang kita sedang showeran eh ada orang lain masuk kamar mandi buat siapin tempat untuk pengunjung lainnya. Atau juga pernah tempat mandinya persis di sebelah orang lagi dipijet, cuman dibatasin 2 tirai, hehehe..
Laseca
Kamar mandi untuk bilasan di Laseca lebih privat karena berada di ruangan sendiri. Beberapa kali perawatan di sana, tempat mandinya lebih nyaman dan tertutup.

Facial
Flaurent
Facial di Flaurent ini jadi salah satu treatment favorit aku karena rasanya bener-bener kayak facial di klinik kecantikan. Muka nggak cuman dibersihkan, pijet, dan masker, tapi juga diambilin komedonya setelah disteam dkk. Muka aku kinclong banget setelah facial di sini dan setiap kali ke Flaurent untuk perawatan tubuh, aku selalu nambah perawatan facial.
Laseca
Facial di Laseca ini standar sih, muka dibersihkan, dipijat, ditotok, lalu dimaskerin. Setelah itu dibersihkan lalu diberikan beauty water (yang aku kurang tau itu apa)

Hair Spa
Flaurent
Standar. Cuci rambut lalu dikasi masker rambut dan dibilas lalu dikeringkan. Ohya, dipijat juga kulit kepalanya. Tapi aku kurang suka sih perawatan hair spa di sini. Alasannya karena terapisnya kurang sreg aja menurutku.
Laseca
Tempat perawatan rambut di laseca ini bagus banget, sleek cute cute gimana gitu. Perawatannya ya sama saja, cuman aku lebih suka di sini karena terapisnya baik-baik. Varian hair spa juga kupikir lebih variatif di Laseca.

Snack
Keduanya akan dapat snack dan minuman hangat.

Harga
Flaurent
Harga paket perawatan di Flaurent lebih murah daripada Laseca. Kalo punya membership nggak bisa nambah diskon buat paket perawatannya, cuman bisa yang non paket. Ini menurut pengalamanku sih, kualitas perawatan yang paketan dibanding kalo ambil pilihan perawatan sendiri-sendiri keliatan bedanya. Misal massage/body spa, yang paketan tidak semantab yang non paketan.
Laseca
Laseca ini sering banget ada promosi, setiap bulan sepertinya ada promosi tertentu dan tematikal. Kalo ada promo gini harganya lebih murah daripada Flaurent. Baik paket ataupun enggak tetep dapet diskon. Kalo sedang ulang tahun, kita juga dapat diskon spesial selama sebulan itu.

Summary
Kapan dan kenapa ke Flaurent Salon?
Kalo badan lagi capek dan lebih butuh pijatan daripada perawatan.
Kapan dan kenapa ke Laseca Spa?
Kalo badan lagi butuh pampering yang nyaman, butuh perawatan supaya keset, kinclong, dan wangi.

So itu kesimpulan aku so far, semoga bermanfaat.
Cheers ໒( ♥ ◡ ♥ )७

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s