Membuat SIM A di Polrestabes Semarang

Awalnya saya merasa sudah pede nih bisa menyetir. Nah supaya bisa melanjutkan petualangan tanpa ketar-ketir nanti ada razia polisi di sudut-sudut jalan tertentu, akhirnya memutuskan untuk membuat SIM A pas liburan akhir tahun kemarin.

Membuat SIM baru saat ini berbeda dengan saat-saat sebelumnya, karena dalam rangka berantas pungli dkk nggak bisa lagi bayar trus langsung foto. Intinya meskipun kita ‘minta bantuan’ kita tetep harus menjalani semua prosedur yang disarankan. Soal hasilnya, mau berhasil atau belum berhasil, nah itu yang bisa ‘dibantuin’. Karena Polrestabes Semarang bagian bikin-bikin SIM yang letaknya di Kota Lama sedang diperbaik (kala itu) proses semuanya dipindah ke GOR Manunggal Jati Pedurungan. Kalo sekarang sepertinya sudah balik lagi ke Kota Lama.

Pre-Requisite

Salah satu syarat buat mengajuan pembuatan SIM baru adalah sertifikat mengemudi dari LPK yang sudah ditunjuk. Nah, buat dapat sertifikat ini, ‘gampang’nya dan ‘pintas’nya kita tinggal datang ke kawasan Stadion Diponegoro. Di sana ada LPK yang melayani pembuatan sertifikat yang bisa dipakai untuk pembuatan SIM. Tarifnya, untuk SIM C Rp 350.000, SIM A 450.000

Tahapnya saya datang lalu ambil nomor pendaftaran yang sudah disediakan. Nanti kalo sudah dipanggil, saya ke resepsionis untuk mendaftar sekalian membayar biaya pendaftaran. Lalu difoto untuk sertifikatnya. Kemudian saya absen di buku yang sudah disediakan dan menunggu untuk dipanggil dan ikut latihan tes teori. Tes teori dilakukan seragam pakai soal SIM C. Setelah selesai (dan lulus) ikut latihan tes teori, nanti kita dapat stempel di kuitansi untuk lanjut ke latian tes praktek.
Tes praktek defaultnya pakai mobil manual, tapi kalo bawa mobil matic juga boleh. Kalo nggak bawa ya terpaksa pake manual. Step-stepnya persis seperti ujian praktek SIM nantinya. Jalan lurus maju-mundur, zig-zag maju-mundur, parkir. Kalo sudah selesai, nanti kita dicap lagi kuitansinya.

Step ini dilakukan 2x, inget yang tadi baru latihan. Jadi ya besoknya datang lagi buat tes teori dan tes praktek. Setelah total terkumpul 4 cap, baru dapet sertifikat mengemudinya

Bikin SIM di Polrestabes

Berbekal sertifikat mengemudi, lanjut ke Polrestabes Semarang untuk beneran bikin SIM. Pertama saya ke loket pemeriksaan kesehatan. Diperiksa buta warna, tensi, foto gigi, lalu bayar biaya Rp 50.000,- Jangan lupa bawa fotocopy KTP (dan SIM lama untuk pengajuan perpanjangan SIM)
Setelah itu lanjut ke loket BRI yang sudah tersedia di dalam kompleks Polrestabes guna membayar biaya pembuatan SIM. Untuk pengajuan baru SIM A biaya yang dikenakan Rp 120.000,-

Setelah dapat kertas-kertas bukti sudah diperiksa kesehatan, sudah bayar biaya, sudah punya sertifikat mengemudi, lanjut ke loket pendaftaran. Di lini registrasi SIM Baru, nanti ada polisi yang ngecek semua kelengkapan lampiran. Karena sudah oke, saya dikasi blanko untuk diisi biodata. Setelah diisi, trus kemudian dikumpulkan lagi. Sampe di sini saya cuss ke tempat foto. Nunggu nama dipanggil, trus difoto deh.

Setelah difoto, berbekal karcis dari loket pendaftaran, saya lanjut ke tes teori. Kumpulin karcis tadi dan nunggu dipanggil. Setelah nama saya dipanggil, nanti masuk ke ruangan tes teori untuk mengikuti tes teori pakai komputer. Saya masukkan nomer registrasi tadi ke program di komputer dan mengerjakan soal-soal tes teori. Total ada 30 pertanyaan (yang berbeda-beda dan random) plus beberapa pertanyaan kritik & saran buat polisi. Kalo sudah selesai hasilnya langsung terpampang. Karena saya lulus (nilainya 93 dong..) saya dibuatkan keterangan kalo sudah lulus oleh pak polisinya. Dari sini lanjut tes praktek.
Kalo di polisi sini ada beberapa mobil yang tersedia, manual atau matic. Jadi bisa milih mana yang lebih jago. Materinya kurang lebih sama cuman ketambah bab naik turun aja. Dan lagi-lagi saya lulus di sini, muahahahaha..

Dan proses bikin SIM selesai di sini, tinggal laporan trus ambil SIM yang sudah jadi di tempat foto tadi. Total biaya yang dikeluarkan sih Rp 620.000,- tanpa minta bantuan ya..

Sudah punya SIM nih, mau ke mana kita?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s