#WedPrep Ep.1 – Date, Venue, and Hotel

Karena sudah dapat tanggal, hal pertama yang harus dilakukan adalah cepet-cepet booking tempat resepsi. Sudah ada preferensi sendiri sebenarnya mengingat letak rumah kami, tamu yang diundang, juga banyaknya jumlah undangan. Seminggu setelah acara lamaran, kami pun langsung booking tempat resepsi karena kita semua tau bagaimana persaingan persewaan gedung di negara ini, haha..

August 2016

Awalnya mau pake Gedung Diklat Undip, aka Gedung LPPU. Gedung ini ada di kawasan Universitas Diponegoro yang notabene dekat sama rumah kami juga berarti ada di kawasan selatan Semarang yang artinya ‘lebih dekat’ ke arah Yogyakarta. Belakangan kami tau bahwa gedung ini sudah tidak disewakan umum lagi. Yah, padahal selain lokasinya ‘oke’ gedung ini udah sekompleks sama penginapan yang ada di belakangnya. Ohya, kami juga cari penginapan/akomodasi untuk tamu-tamu dari Jogja.

Karena rencana awal belum berhasil, akhirnya lanjyt ke rencana penggantinya yang sebenernya nggak ada. Daftar gedung lainnya selain LPPU Undip (yang memenuhi kriteria) adalah Gedung Sasana Widya Praja – BPSDM Provinsi Jawa Tengah dan Gedung Serba Guna Akademi Kepolisian. Karena lebih oke yang pilihan pertama (lebih dekat), akhirnya kami cari info tentang lokasi ini. Bersyukurnya gedung satu ini punya website sendiri untuk info sewanya, jadi para venue-hunter bisa tau tanggal mana yang available.

Dramanya adalah: ternyata tanggal kami (dan waktunya) di tempat tersebut sudah dibooking orang lain.

Padahal kami masih H-11 bulan.

Akhirnya rembugan ulang sambil lihat opsi lain, lalu diputuskan untuk memajukan tanggal. Jadi tanggal yang sekarang sudah fix adalah tanggal yang lebih cepet daripada tanggal semula.

Setelah semua setuju, kamipun booking gedung untuk tanggal dan waktu tsb. Ohya, bookingnya bisa langsung di web tadi. Kemudian kami pun melakukan verifikasi keesokan harinya. Info aja, untuk booking Gedung Sasana Widya Praja kita nggak perlu DP. Kita tinggal langsung melunasi di bulan yang sama sebelum acara berlangsung. Setelah verifikasi kami diminta menunggu surat balasan dari ‘yang berwenang di atas’ yang menyatakan kami boleh memakai gedung tsb (karena ini gedung pemerintah), kira-kira semingguan.

Surat balasan pun sudah diambil dan diterima, jadi fix untuk lokasi kami akan pakai di sini.

February 2017

Selain tempat resepsi kami juga perlu menyewa penginapan untuk tamu-tamu dari keluarga Jogja. Nah karena pusat acara ada di kawasan Semarang atas, yang artinya Banyumanik-Tembalang, yang artinya juga deket dengan kawasan kampus, artinya yang lain adalah banyak penginapan yang bisa jadi alternatif pilihan. Aku sudah coba lihat-lihat guest house yang ada di kawasan Tembalang yang biasanya penuh saat musim wisuda dan tarifnya juga bertanya ke orang lain kalo misal mereka punya tempat yang direkomendasikan.

Sebenernya Gedung Sasana Widya Praja juga punya kompleks penginapan, sama seperti gedung Diklat Undip (karena sama-sama gedung diklat kali ya) untuk mengakomodasi peserta diklat. Tarif sewa per kamar di Gedung Sasana Widya Praja berkisar Rp 100.000-150.000 per kamar per malam dengan kapasitas total 800 tamu. Namun karena ini punya pemerintah, kami nggak bisa seenaknya booking. Kami harus melihat jadwal sebulan sebelum tanggal kami rencana mau sewa untuk melihat apa penginapan ini akan dipakai apa enggak.

Akhirnya kami mencari alternatif lainnya. Teman saya merekomendasikan Hotel Serrata yang lokasinya deket dan searah dengan lokasi resepsi nantinya. Aku sama G pun akhirnya mencoba survey ke sana untuk meninjau (halah..) lokasi dan tarif (serta promonya…). tarif dan infonyanya nggak berbeda dengan yang ada di websitenya. Ketika selesai survey dan mau pulang, eh kami melihat ada papan reklame yang tulisannya apartemen untuk penginapan keluarga. Namanya D’Setiabudi Apartemen yang lokasinya tepat di sebelah Hotel Serrata. Akhirnya kamipun survey sekalian dan tahu kalo tempatnya bagus dan oke dengan tarif yang lebih murah dibanding hasil survey kami sebelumnya. Untuk tempatnya seperti apartemen atau kosan ekslusif yang full furnish, TV kabel, air panas, dan sarapan. Hasil surveypun dilaporkan ke orang tua untuk diputuskan tempat mana yang mau dibooking.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s