Makeup, when does it start..

Sudah bukan rahasia lagi kalo aku suka makeup. Aku bisa (dan sering banget) browsing tentang review makeup terbaru, nonton video tutorial tentang macam-macam gaya makeup, sampe membandingkan harga dari satu toko online ke toko yang lain. Hampir setiap kali pulang Semarang ketika ambil cuti agak panjang, aku menyempatkan diri mampir ke pusat toko makeup. Awalnya cuman mau “jalan-jalan” aja, tapi pulangnya malah beli “oleh-oleh”. Tiap kali mampir supermarket atau mall, pasti lewat “makeup aisle”, cuman sekedar liat-liat aja dan nyobain tester yang ada. Aku pake makeup tiap hari. Yes, senin-minggu. Aku lebih milih bangun atau persiapan lebih pagi supaya aku punya waktu buat put my makeup.

Tapi kalo mau jujur, aku bukan penggila makeup banget. Aku nggak beli makeup setiap bulan. Setahun paling 2x belanja makeup. Makeup dan peralatanku cuman satu laci meja, kurang malah (yang bikin banyak produk lainnya :p). Aku juga bukan seorang yang pro banget masalah makeup, justru aku masih belajar. Milih foundation aja aku masih suka salah -“-

Kalo diinget-inget, sejak kapan ya aku penasaran banget masalah dunia kecantikan ini? Terutama makeup..

Well, jaman SMP aku mulai penasaran masalah muka. Aku pengen putih, karena putih itu cantik. Mulai pake-pake lotion. Jaman SMP pula aku mulai jerawatan. Tapi kala itu belum ada minat untuk benerin muka. Ya masih SMP sih, hormonnya masih labil, dipikir kalo udah settle nanti juga bener sendiri.

Jaman SMA, jerawatku makin parah. Ditambah karena jarak sekolah sama rumahku itu jauuuhh banget, muka makin kusem. Masih belum ada minat buat merawat muka juga. Saat temen-temen lain udah pake eyeliner+bedak+lipgloss+maskara dan bawa lotion+parfum di tasnya, aku nggak kepikiran sama sekali. Sepertinya badan + pikiran udah capek sama urusan sekolah (dan ekstrakurikuler) makanya nggak kepikiran sampe kesana. Tapi akhir masa SMA, aku udah mulai aware sama masalah muka. Mulailah pake krim-krim muka buat terlihat lebih terawat.

Ketika mulai kuliah, barulah aku pake makeup. Bukan karena kesadaran atau keingin sendiri,  tapi karena disuruh mama. Mulailah pake foundation, nggak level cuman bedak. Kenapa pake foundation? Karena aku punya banyak banget bekas jerawat, nggak nutup kalo cuman krim+bedak tabur aja. Kala itu karena masih disuruh mama, foundation yang aku pake ya merek-merek pro: Ultima II dan Kanebo. Classy!

Lulus dan mulai bekerja, mama membekali aku sama peralatan makeup untuk beginner karena aku harus merantau ke pulau sebelah Foundation Ultima II, LA Tullips Moisturizer Gel, Sariayu Eyeshadow pallete, dan lipstick-lipstick bekas mamaku yang nggak kepake jadi my first makeup kit. Belakangan aku baru tau kenapa aku dapet lipstick preloved mamaku. Wanita nggak akan pernah puas cuman punya satu shade warna lipstick kan? kalo bisa “dihibahkan” kenapa enggak? 😀

Karena sudah bekerja, sudah dapat penghasilan sendiri, sekarang aku sudah bisa beli-beli produk apa yang aku inginkan. Tapi bukan berarti aku jadi boros banget lho ya. Sampai saat tulisan ini diketikkan, aku cuman punya 2 foundie, 3 lipstick, 1 liquid lipstick, 1 palet eyeshadow. Ada yang kecil-kecil lainnya sih macem pensil alis, 1/8 bedak padat, 1/10 bedak tabur, 1/8 tube BB Cream (dapet karena hadiah), dkk.. Iya, aku lagi ngeles

Masalah makeup ini emang seperti kata wanita-wanita lain, racun. Harus bisa jaga nafsu. Tapi ya memang harus punya prinsip. Prinsipku, nggak akan beli baru sebelum yang lama habis. Makanya dipake setiap hariii

Ada orang-orang yang bilang cewek yang suka pake makeup itu fake, berusaha untuk impress others with her fake looks, artificial looks, blablablah.. Tapi aku makeup setiap hari, bukan untuk membuat orang lain tertarik sama aku (gimana mau tertarik? wong kadang makeup-ku masih blonteng-blonteng :p)

Aku pakai karena aku suka 🙂

 

Leave a Reply

